Makanan Khas Korea

Bagi Kamu yang menyukai film, musik, drama ataupun artis Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa makanan Khas Korea yang akan dikulik kali ini.

Apalagi belakangan ini demam korea sedang viral di Indonesia. Mulai dari tokoh, style atau gaya hingga kulinernya yang bikin ketagihan.

Makanan dari Negeri Gingseng ini tentunya memiliki citarasa yang tidak kalah dengan makanan khas negara di Benua Asia. Seperti misalnya makanan khas Negara Thailand, makanan khas di India dan makanan khas negara-negara lainnya.

Macam macam Nama Makanan Khas Korea

Lantas apa sajakah makanan khas Korea yang bakalan membuat Kamu kangen? Mari kita intip ulasannya berikut ini:

1. Kimchi

Makanan Khas Korea Kimchi
Gambar Makanan Khas Korea Kimchi

Siapa nih K-Popers yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Pasti Kamu sering mendengarnya atau bahkan melihatnya di film-film Korea. Makanan ini terdiri dari sayuran yang difermentasikan. Jika di Indonesia hampir sama dengan asinan.

Adapun sayuran yang biasa dijadikan kimchi yakni ada sawi putih, mentimun dan juga lobak. Sayuran yang mungkin sudah familiar sekali di Indonesia.

Kimchi sama halnya dengan makanan fermentasi lain yang akan mampu bertahan lama jika disimpan di kulkas atau ditempat yang baik.

Citarasa dari makanan tradisional Korea ini adalah cenderung pedas. Selain dihidangkan begitu saja, kimchi juga biasanya dimasak kembali sebagai sup, nasi goreng dan beberapa variasi lainnya.

Dalam memasaknya pun harus dengan sepenuh hati, karena memasak itu sama halnya seperti cinta. Harus dimasuki tanpa ada paksaan atau lebih baik tidak sama sekali.

2. Kimbap

Makanan Khas Korea Kimbap
Gambar Makanan Khas Korea Kimbap

Jika makanan khas Jepang ada sushi, sama halnya dengan Korea yang memiliki kimbap. Keduanya memiliki kesamaan dari segi isiannya, yakni ada sayuran dan daging. Kamu juga bisa memodifikasinya loh sesuai dengan selera.

Bumbu yang biasa digunakan pada makanan khas Korea ini adalah garam dan minyak wijen sehingga menimbulkan citarasa gurih, terutama pada nasinya.

Nah, isian tersebut kemudian dibungkus dengan cara digulung dengan rumput laut. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa menyimak langkah berikut ini:

  • Siapkan rumput laut kering yang biasanya berbentuk lempengan memanjang
  • Taruh nasi yang sebelumnya telah dibumbui di atas lembaran rumput laut
  • Kemudian letakkan daging, ikan, telur, kepiting, keju, tuna atau protein hewani lainnya diatas nasi yang sudah diratakan diatas rumput laut
  • Isi pula dengan sayuran sesuai selera Kamu, misalnya wortel, bayam atau lainnya
  • Apabila semua bahan sudah masuk diatas nasi, lalu gulung melingkar
  • Potong kimbap yang sudah digulung ke dalam 8 potongan atau sesuai selera Kamu saja.

3. Ramyeon

Makanan Khas Korea Ramyeon
Gambar Makanan Khas Korea Ramyeon

Ramyeon adalah makanan khas dari negeri Ginseng yang paling banyak digemari para pecinta Korea loh. Mengapa bisa demikian? Sebab biasanya di film-film Korea terdapat adegan yang memerankan tokohnya sedang menikmati ramyeon ini.

Makanan yang satu ini berupa mie instan Korea yang memiliki rasa pedas. Cara memakannya pun cukup unik, karena kebiasaan orang Korea menyantap langsung dari pancinya.

Selain itu, mereka menyantap ramyeon dalam keadaan yang bukan saja hangat, bahkan cenderung panas.

Ketika Kamu sedang berkunjung ke Korea, jangan lupa untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkannya tidak sulit kok, sebab ramyeon sudah banyak dijual di minimarket-minimarket Korea Selatan.

4. Bulgogi

Makanan Khas Korea Bulgogi
Gambar Makanan Khas Korea Bulgogi

Bulgogi merupakan makanan khas Korea yang berupa daging sapi panggang. Daging sapi yang digunakan adalah daging sapi pilihan. Cara menyajikannya yaitu dengan diiris tipis serta diberi bumbu sebelum kemudian dipanggang. Sebagai lauk pauk, bulgogi juga biasanya disajikan dengan lauk lainnya.

Kamu juga bisa memakannya secara langsung lho. Caranya dengan terlebih dahulu dibungkus daun selada dan langsung santap.

Adapun bumbu yang dipakai untuk memasak makanan khas Korea satu ini adalah kecap asin serta gula, agar rasanya lebih tajam Kamu juga boleh menambahkan rempah-rempah.

5. Bibimbap

Makanan Khas Korea Bibimbap
Gambar Makanan Khas Korea Bibimbap

Menu makanan sehari-hari ala Korea selanjutnya adalah bibimbap atau kalau orang Indonesia menyebutnya dengan nasi campur.

Penyebutan tersebut bukan tanpa sebab, karena memang saat memakannya nasi akan dicampur bersama lauk pauknya baru kemudian dimakan. Tidak sedikit pula yang menambahkan saus sambal saat memakan bibimbap ini.

Cara penyajiannya yakni menggunakan mangkuk, baik mangkuk biasa maupun mangkuk panas. Penggunaan mangkuk panas biasanya apabila diatasnya akan diberi tambahan telur mentah.

Perlu Kamu ketahui, bibimbap termasuk makanan berlabel halal yang ada di Korea. Jadi, jika Kamu merasa kesulitan mencari makanan halal saat berada di Korea Selatan, menu ini bisa menjadi salah satu pilihan.

6. Chapchae

Makanan Khas Korea Chapchae
Gambar Makanan Khas Korea Chapchae

Makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Kamu, karena di Indonesia sendiri sudah banyak beredar.

Mungkin sekilas jika dilihat dari tampilannya, Kamu akan berpikiran bahwa chapchae Korea dan Indonesia sama. Tetapi pada kenyataannya bahan yang digunakan saja sudah berbeda.

Bahan utama yang digunakan untuk memasak chapchae khas korea adalah mie bihun Korea yang kemudian dicampur dengan sayuran serta daging sapi.

Makanan yang dijadikan sebagai lauk ini, biasanya disajikan pada saat sedang ada pesta ataupun acara spesial lainnya.

7. Tteokbokki

Makanan Khas Korea Tteokbokki
Gambar Makanan Khas Korea Tteokbokki

Makanan khas Korea ini termasuk kedalam jenis kue atau jajanan Korea yang wajib Kamu coba. Tteokbokki adalah kue beras dengan citarasa pedas yang akan menggoyang lidah Kamu. Jajanan ini cukup familiar karena sudah sering muncul di drama korea.

Tteokbokki merupakan tepung beras yang kemudian dimasak dalam bumbu gochujang dengan rasa pedas manis.

Tteok yang biasa dipakai adalah yang berbentuk batangan atau silinder. Makanan ini juga banyak dijual di daerah Pojangmacha.

Penyajian kue beras ini berbentuk potongan memanjang lalu ditambah lagi dengan campuran saus pedas serta bumbu. Bahkan sering juga diberi bahan pelengkap seperti telur rebus dan juga lembaran fish cake.

8. Eomuk

Makanan Khas Korea Eomuk
Gambar Makanan Khas Korea Eomuk

Eomuk atau sering juga disebut dengan odeng hampir sama dengan makanan khas Jepang yakni oden. Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan yang sudah dihaluskan kemudian dicampur terigu serta bumbu-bumbu.

Selanjutnya adonan tersebut ditusuk dengan sebuah tusuk seperti yang biasa digunakan pada sate. Setelah ditusuk, lalu direbus di dalam air kaldu. Kaldu yang digunakan boleh kaldu lobak ataupun kaldu rumput laut.

Kamu juga boleh loh menambahkan seafood atau bahan tambahan lainnya sesuai dengan yang Kamu inginkan. Meskipun yang banyak digunakan sebagai tambahan adalah seafood, agar kaldunya menjadi semakin lezat.

Eomuk sangat cocok apabila disajikan dalam keadaan panas dan disajikan lengkap dengan kuahnya. Namun, apabila Kamu tidak menyukai makanan berkuah itu tidak masalah. Sebab Kamu juga bisa menikmatinya dengan cara mencelupkannya ke dalam saus.

9. Jajangmyeon

Makanan Khas Korea Jajangmyeon
Gambar Makanan Khas Korea Jajangmyeon

Berdasarkan namanya saja pasti kamu akan dengan mudah mengetahui bahwa hidangan satu ini merupakan makanan khas Korea. Kalau di Indonesia, makanan satu ini hampir sama seperti mie ayam.

Mie khas Korea ini pada umumnya dipadukan dengan saus kedelai hitam yang bertekstur kental. Selain itu, terdapat pula potongan sayur serta potongan daging.

Akan tetapi, bagi Anda yang beragama Islam perlu berhati-hati dikarenakan potongan daging yang biasa digunakan adalah potongan daging babi.

Adapun mie yang biasa digunakan untuk hidangan satu ini adalah mie dengan ukuran yang tebal. Bahan dasar untuk membuat mie ini adalah tepung gandum dengan kualitas tinggi.

10. Miyeok Guk

Makanan Khas Korea Miyeok Guk
Gambar Makanan Khas Korea Miyeok Guk

Miyeok Guk adalah sup dari rumput laut yang dimasak dengan tahap-tahap sebagai berikut:

  • Rendam rumput laut kering di dalam air terlebih dahulu hingga lunak
  • Setelah rumput laut lunak, kemudian campurkan kedalam air kaldu
  • Tambahkan bumbu seperti kecap, garam serta minyak wijen untuk menambahkan rasa gurih
  • Miyeok Guk siap untuk disajikan.

Cara memasaknya yang sangat mudah membuat hidangan satu ini biasa dimasak untuk menu makanan sehari-hari. Apalagi dalam cuaca yang dingin, makanan satu ini sangat cocok untuk disantap agar membuat badan lebih hangat.

11. Teok

Makanan Khas Korea Teok
Gambar Makanan Khas Korea Teok

Hampir sebagian besar jajanan khas Korea terbuat dari tepung beras, sama halnya dengan Teok ini juga berbahan dasar tepung beras.

Adapun jenis dari kue beras yang satu ini memiliki banyak ragamnya dan biasa disajikan saat sedang ada upacara-upacara tertentu.

Akan tetapi karena memiliki banyak jenis, kue ini kemudian bisa dinikmati kapan saja tanpa harus menunggu ada upacara tertentu.

Bahkan sepanjang tahun Kamu bisa memakannya sesuka hati. Salah satu dari sekian banyak jenis kue beras adalah Tteokbokki yang sudah dibahas sebelumnya.

12. Gogigui

Makanan Khas Korea Gogigui
Gambar Makanan Khas Korea Gogigui

Makanan khas Korea selanjutnya adalah gogigui, makanan ini sejenis dengan barbeque. Adapun isi dari hidangan ini yakni terdiri dari daging, dan juga sayur sayuran.

Apabila dilihat dari komposisinya saja sudah jelas bahwa makanan satu ini kaya akan gizi serta nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Orang-orang Korea biasa menikmati makanan ini pada sore hari bersama dengan kerabat dan orang-orang tercinta.

Selain itu, banyak pula yang menikmatinya pada momen-momen tertentu seperti malam natal ataupun malam tahun baru sebagai sarana perayaan.

13. Haejangguk

Makanan Khas Korea Haejangguk
Gambar Makanan Khas Korea Haejangguk

Makanan satu ini termasuk kedalam makanan jenis sup. Sup khas Korea yang banyak digemari ini memiliki rasa yang lezat dan gurih yang berasal dari kuahnya.

Gurihnya kuah sup ini berasal dari tulang sapi di dalamnya yang sudah direbus dalam waktu yang cukup lama.

Untuk isi dari sup sendiri berupa potongan daging sapi dengan ukuran agak besar, telur yang direbus serta kecambah. Selain bahan-bahan tersebut, ada pula bumbu rempah-rempah yang menjadikan hidangan satu ini semakin khas dan lezat.

Haejangguk biasa dikonsumsi setelah meminum alkohol. Karena sup ini nyatanya mampu menghilangkan pusing yang terjadi karena terlalu banyak minum alkohol.

Pada intinya kuliner khas Korea sebagian besar berbahan dasar gandum, daging serta sayur serta dilengkapi dengan beragam rempah-rempah khas.

Citarasa yang paling menonjol dari setiap hidangan adalah rasa pedas manis serta berkuah. Karena kebanyakan penduduknya sangat suka menyantap makanan dalam keadaan panas untuk menghangatkan tubuh di musim dingin.

Itulah macam-macam makanan khas Korea yang wajib untuk Kamu cicipi saat berkunjung kesana. Karena rasanya kurang lengkap apabila sudah pernah berkunjung ke Negara Ginseng tetapi belum pernah mencicipi kuliner diatas.

Bagi Kamu yang ingin mencicipinya pula tetapi belum ada rencana untuk berkunjung ke negeri Ginseng tersebut jangan khawatir.

Kini sudah banyak sekali dijual di toko makanan ataupun minimarket terdekat makanan khas Korea dalam kemasan instan. Jadi Kamu tetap bisa menikmatinya di rumah dengan suasana Korea tentunya.

Selamat berlibur ceria dan selamat berwisata kuliner teman-teman, jangan lupa oleh-olehnya untuk keluarga tercinta yaa.

Leave a Reply