Makanan Khas Italia Kue Tiramisu Khas Italia

Makanan Khas Italia

Berbicara tentang kuliner Italia pasti yang terbesit di pikiranmu adalah pizza dan spaghetti. Ya, kedua makanan tersebut memang makanan khas Italia yang kini telah mendunia. Bahkan, kini sudah ada banyak kreasi makanan Italia seperti pizza di beberapa negara.

Tidak sulit bagi Kamu untuk menemukan makanan tersebut di kedai makanan cepat saji. Makanan Italia memang memiliki ciri khas tersendiri terutama dari bumbu yang digunakannya.

Meski kini makanan Italia banyak ditemukan di berbagai negara, namun makanan yang dibuat langsung di negara tersebut tentu memiliki rasa yang berbeda.

Nah, jika Kamu sedang berkunjung ke Italia, jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner yang ada disana. Selain spaghetti dan pizza, kira-kira ada makanan khas Italia apalagi yang wajib untuk Kamu coba? Penasaran?

Nama Makanan Khas Italia

“Tertawa yang paling riang ialah dimana ada makanannya.”

~ Irish Proveb ~

Ada berbagai macam makanan dari Italia dengan rasa yang sangat khas.  Nah, buat Kamu yang sudah tidak sabar ingin mencicipi makanan khas dari negara yang terkenal dengan Menara Pizza tersebut, berikut ini pembahasannya;

Bruschetta

Makanan Khas Italia Bruschetta

Gambar Makanan Khas Italia Bruschetta

Bruschetta sendiri merupakan makanan pembuka yang wajib untuk dicoba. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar roti.

Buat Kamu yang pernah mencoba beberapa makanan dari Italia tentu sudah tidak asing lagi dengan hidangan pembuka yang satu ini bukan?

Bruschetta adalah makanan pembuka yang dipotong dengan arah diagonal. Roti tersebut akan dipanggang dengan bawang putih hingga berwarna kecoklatan dan crispy.

Pada bagian atasnya akan diberi potongan tomat, lada, bawang bombay dan minyak zaitun yang sudah dicampur terlebih dahulu di wadah yang lain.

Hidangan pembuka yang satu ini memang tidak berbeda jauh dengan pizza. Namun, topping yang ada pada pizza akan dicampur sebelum dipanggang. Sementara itu, bruschetta akan ditaruh setelah roti dipanggang.

Panna Cotta

Makanan Khas Italia Panna Cotta

Gambar Makanan Khas Italia Panna Cotta

Kamu pecinta makanan manis dan lembut? Nah, Panna Cotta menjadi makanan yang wajib untuk dicoba.

Panna Cotta terbuat dari susu, gula dan juga krim. Tak lupa pula diberi campuran gelatin yang didihkan terlebih dahulu dan disajikan dalam keadaan dingin.

Biasanya, Panna Cotta ini akan disajikan bersama dengan buah, caramel atau saus. Tak hanya memiliki rasa yang manis dan lembut. Ternyata, makanan penutup tersebut juga baik untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Panna Cotta juga menjadi makanan khas Italia yang dijadikan sebagai penetralisir lidah setelah menikmati berbagai macam aneka kuliner Italia.

Pasta Carbonara

Makanan Khas Italia Pasta Carbonara

Gambar Makanan Khas Italia Pasta Carbonara

Tak hanya menjadi makanan favorit di Italia, namun Pasta Carbonara ini juga menjadi makanan favorit di Indonesia.

Pasta Carbonara tersebut akan dimasak bersama dengan saus carbonara yang dicampur bersama dengan telur, daging, keju, garam dan juga minyak zaitun.

Nah, yang membuat makanan satu ini memiliki ciri khas tersendiri adalah krim kental yang dimilikinya. Krim kental dari pasta carbonara tersebut akan menghasilkan rasa yang berbeda dan tidak biasa.

Jika Kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, ternyata makanan yang satu ini juga mudah untuk dibuat. Kamu bisa mencoba mencari resep dan cara membuat Pasta Carbonara yang mirip makanan khas Jepang Soba kemudian membuatnya sendiri di rumah.

Ternyata, ada hal menarik tentang pasta yang satu ini. Apa sajakah itu?

  • Cina merupakan negara yang lebih dulu mengkonsumsi pasta ketimbang Italia.
  • Zaman dahulu pasta dibuat dengan cara diinjak.
  • Terdapat hari pasta sedunia yang diperingati setiap tanggal 25 Oktober.

Lasagna

Makanan khas Italia Lasagna

Gambar Makanan khas Italia Lasagna

Masih ada banyak makanan khas Italia yang harus Kamu coba. Tak hanya beberapa makanan yang sudah tersaji di atas, namun ada pula makanan lainnya yang sayang untuk Kamu lewatkan.

Makanan tersebut adalah lasagna. Lalu, apa yang membedakan lasagna dengan berbagai macam makanan Italia lainnya.

Lasagna ini mirip dengan keju slice yang diberi isian daging dan sayuran di dalamnya. Meski merupakan makanan tradisional, namun lasagna menjadi makanan yang paling terkenal di Italia.

Siapa sangka jika lasagna ini masih merupakan hidangan pasta meski tampilannya tidak seperti spaghetti ataupun macaroni.

Lasagna tersebut terbuat dari pasta berlapis yang diisi dengan menggunakan daging, sayuran, keju mozzarella, dan juga saus Bolognese.

Berbagai macam bahan tersebut kemudian disusun menjadi satu lalu dipanggang di dalam oven hingga matang.

Perpaduan bahan tersebut membuat lasagna memiliki rasa yang lezat. Tak heran jika banyak yang menyukai makanan satu ini walaupun berbeda dengan Kathi Roll khas India.

Risotto

Makanan khas Italia Risotto

Gambar Makanan khas Italia Risotto

Meski sebagian besar makanan khas Italia berbahan dasar roti, namun ada juga makanan Italia yang terbuat dari nasi. Buat Kamu yang ingin mencicipinya, nama dari makanan tersebut adalah risotto.

Risotto ini dibuat dengan cara menumis bawang putih dan bawang bombay terlebih dahulu. Baru kemudian beras khas Italia dimasukkan ke dalamnya bersama dengan kuah kaldu khusus.

Risotto akan dimasak sampai mengental dan nasinya berubah menjadi lebih lembut. Untuk tekstur dari risotto ini agak lengket dan juga basah.

Risotto biasanya dinikmati bersama dengan daging dan berbagai macam sayuran agar rasanya menjadi lebih lezat. Ciri khas dari makanan satu ini adalah warnanya yang kuning dan creamy serta memiliki kuah yang gurih.

Kue Tiramisu Khas Italia

Makanan Khas Italia Kue Tiramisu

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Italia Kue Tiramisu

Kamu pecinta manis dan masih ingin menikmati makanan khas Italia yang lezat? Kue tiramisu satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Yang unik dari makanan penutup satu ini adalah dibuat tanpa dimasak atau dipanggang terlebih dahulu.

Kue tiramisu dibuat dari biskuit yang direndam di dalam kopi dan juga keju. Kemudian, biscuit akan disusun secara berlapis lalu diberi krim dan taburan coklat di atasnya. Tentu tidak terbayang bukan betapa lezatnya kue tiramisu khas Italia yang satu ini.

Perpaduan rasa manis. lembut dan rasa kopi di dalamnya menjadikan kue tiramisu ini menjadi salah satu dessert terbaik di Italia.

Gelato

Makanan Khas Italia Gelato

Gambar Makanan Khas Italia Gelato

Pastinya Kamu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini bukan? Gelato memang sudah banyak ditemukan di berbagai negara terutama di Indonesia. Buat Kamu para pecinta es krim tentu sudah pernah mencoba makanan yang satu ini bukan?

Di Italia sendiri, gelato memang biasa disebut dengan es krim. Namun, tahukah Kamu jika gelato dan es krim itu berbeda. Gelato memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Tak hanya itu, tekstur dari gelato sendiri juga lebih padat dengan rasa susu yang lebih kuat.

Gelato hadir dalam berbagai macam varian rasa yang bisa Kamu pilih. Jika Kamu pecinta gelato, Kamu bisa mencoba semua varian rasa yang ada.

Minuman Khas Italia

Sayang rasanya jika Kamu sudah berada di Italia namun tidak mencoba minuman khas yang dimilikinya. Memang, berbagai macam makanan yang ada di Italia memiliki rasa yang lezat dan tidak mudah dilupakan.

Namun, minuman khas Italia juga tidak kalah nikmatnya. Ada banyak sekali minuman dari Italia yang patut untuk Kamu coba. Apa sajakah itu? Buat Kamu yang sudah penasaran, berikut daftar minuman khas Italia yang wajib untuk dicoba;

Gran Caffe Speciale

Minuman dan Makanan Khas Italia Gran Caffe Speciale

Italia terkenal dengan minuman kopi espresso yang dimilikinya, dan salah satu yang paling terkenal adalah gran caffe special. Minuman satu ini merupakan turunan dari espresso.

Meski masih satu turunan dengan espresso, namun rasa dari gran caffe speciale berbeda dengan espresso. Jika Kamu para pecinta kopi, maka Kamu wajib untuk datang ke kedai kopi yang ada di Roma dan mencicipi minuman satu ini.

Minuman tersebut juga mudah untuk ditemukan karena sebagian besar kedai kopi yang ada di Roma menjual minuman khas satu ini.

Coffee Freddo

Minuman dan Makanan Khas Italia Coffee Freddo

Buat Kamu pecinta kopi namun juga suka dengan minuman dingin? Maka Kamu bisa mencoba minuman yang satu ini. Coffee Freddo menjadi salah satu minuman khas Italia yang banyak dicari.

Sebelum diproses menjadi minuman dingin yang lezat, espresso yang menjadi bahan dasar dari minuman tersebut akan didinginkan terlebih dahulu. Jangan berpikir bahwa minuman yang satu ini memiliki rasa yang pahit ya.

Justru Coffee Freddo memiliki rasa yang manis dan akan disajikan di gelas yang tinggi, kemudian akan diberi es pada bagian atasnya. Tentu, minuman dingin tersebut akan lebih nikmat jika diminum saat siang hari.

Caffe Lungo

Minuman dan Makanan Khas Italia Caffe Lungo

Jika Caffe Freddo merupakan minuman yang disajikan dalam kondisi dingin, berbeda dengan minuman yang satu ini. Caffe Lungo merupakan minuman yang terbuat dari espresso dan disajikan dengan menggunakan air panas.

Minuman tersebut akan dibuat dengan menggunakan proses brewing selama kurang lebih satu menit dan menggunakan 170 ml air.

Caffe Lungo juga memiliki nama lain, yaitu short black. Mengapa diberi nama demikian? Ini karena minuman tersebut memiliki porsi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan long black. Caffe Lungo sangat tepat untuk dinikmati saat pagi ataupun sore hari.

Ristretto

Minuman dan Makanan Khas Italia Ristretto

Masih ingin mencoba minuman khas Italia yang lainnya? Tenang, karena masih ada banyak minuman dari Italia yang bisa Kamu cicipi. Salah satunya adalah Ristretto. Banyak yang menyebutkan jika ristretto adalah mini espresso.

Sebab, bubuk kopi yang digunakan sama dengan bubuk kopi espresso. Yang membedakannya adalah jumlah porsi dalam penyajiannya saja.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang membedakan ristretto dengan espresso. Dimana ristretto memiliki aroma kopi yang lebih kuat dengan tingkat kepahitan yang lebih rendah. Kopi yang satu ini juga lebih hitam namun kandungan kafein yang ada di dalamnya lebih rendah.

Granita

Minuman dan Makanan Khas Italia Granita

Bosan dengan aneka minuman kopi? Kamu juga bisa mencoba minuman khas Italia yaitu granita. Granita merupakan minuman sejenis slushee ice yang menyegarkan. Minuman yang satu ini hampir mirip dengan es serut yang ada di Indonesia, sehingga cocok dinikmati saat siang hari.

Granita akan disajikan dalam gelas yang tinggi dengan es yang sampai ke atas. Minuman tersebut juga tampak menarik karena memiliki tampilan yang berwarna-warni.

Aperetivo

Minuman dan Makanan Khas Italia Aperetivo

Apertivo adalah salah satu minuman khas Italia yang bisa dibilang cukup unik. Minuman yang satu ini biasanya dinikmati sebelum makan. Jadi, buat Kamu yang berkesempatan pergi ke Italia, jangan lupa untuk mencicipi segarnya aperetivo.

Aperetivo biasanya akan disajikan bersama dengan koktail dalam bentuk prasmanan. Kamu juga bisa menemukannya dengan mudah di beberapa bar yang ada di Italia.

Jika Kamu memiliki rencana untuk pergi ke Italia, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Italia dan juga minuman yang sudah disebutkan di atas. Memang, beberapa dari makanan tersebut kini telah banyak dikenal di seluruh dunia.

Akan tetapi, tidak ada salahnya bukan jika Anda mencicipi makanan khas Italia yang dimasak secara langsung di negara tersebut seperti pasta misalnya.

Nah, selain menikmati makanan khas dari negara Eropa, Kamu juga bisa menikmati lezatnya kuliner ala Korea dengan cita rasa yang sangat otentik.

Leave a Reply