Makanan Khas Aceh

Satu lagi corak kekayaan makanan khas Indonesia yang punya rasa kuat akan rempah-rempahnya. Betul, makanan khas Aceh ini sudah terkenal dengan rasanya yang begitu enak.

Meskipun keberadaannya cukup jauh, bahkan ada di ujung barat Negara Indonesia. Namun, tidak ada salahnya untuk mencicipi nikmatnya sajian bumbu rempah khas Aceh Darussalam yang tiada duanya.

Ada banyak alasan mengapa banyak orang rela jauh-jauh ke Aceh untuk berburu kuliner. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah:

  • Makanan khas Aceh sangat enak dan tidak ada duanya.
  • Kaya akan rempah-rempah yang membuat cita rasnaya semakin mantap.
  • Rasanya yang kahs membuat siapa saja akan ketagihan dan ingin mencicipinya lagi dan lagi.

Tidak hanya mie Aceh saja lho. Ada banyak menu lainnya yang wajib Kamu cicipi jika datang ke Aceh.


Video Nama Makanan Khas Aceh Nasi Goreng Daus Paling Legend Sejak Tahun 1970

Mau tahu apa saja makanan khas Aceh Besar yang recommended? Yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini:

Mie Aceh

Nama Makanan Khas Aceh Mie

Gambar Nama Makanan Khas Aceh Mie

Makanan khas Aceh pertama yang legendaris, fenomenal dan tentunya enak untuk dicoba adalah mie Aceh. Mie ini sangat menarik dan enak, bahkan sampai di buat versi mie instan juga lho. Di Aceh sendiri, mie Aceh terdiri dari dua jenis yakni mie Aceh kuah dan Mie Aceh Goreng.

Kuliner mie satu ini sangat cocok untuk Kamu yang doyan banget dengan makanan pedas. Apalagi saat ini mie Aceh juga bervariasi lho dimana kerap disajikan dengan seafood ataupun daging.

Untuk masalah rasa, Kamu sudah tidak perlu meragukan lagi. Dijamin deh enak banget, sebab dibuat dengan menggunakan rempah-rempah asli khas Aceh.

Tahu sendiri kan makanan Aceh itu enaknya kaya apa. Jadi, Kamu juga bisa banget mencicipi makanan ini dan bahkan makanan ini juga sudah banyak ditemukan di daerah lain, tidak hanya di Aceh saja.

Apabila Kamu pecinta berat makanan mie, bisa coba nih makanan khas Riau yang asli berbeda dengan daerah lain. Karena mie disini berbahan dasar sagu lho. Cobain deh!

Kuah Pliek U

Makanan Khas Aceh Kuah Pliek U

Gambar Makanan Khas Aceh Kuah Pliek U

Selain mie Aceh, makanan khas Aceh lainnya yang bisa Kamu cicipi adalah kuah pliek U. Ini adalah sebuah makanan yang melambangkan keberagaman, keeratan masyarakat Aceh.

Adapun makanan ini sendiri dibuat dengan berbagai jenis olahan hasil bumi sehingga rasanya sangat khas. Oh iya, makanan yang satu ini hanya ditemukan di Aceh saja ya.

Jadi, jika Kamu datang ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi kuah Pliek U, rasanya enak kok.

Sate Matang

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Sate Matang

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Sate Matang

Kamu suka makanan jenis sate? Jika Kamu suka, maka Kamu wajib untuk mencoba sate yang berasal dari Aceh ini. Nama sate ini adalah sate matang.

Sate matang sendiri dibuat dari bahan dasar daging kambing dan daging sapi yang sudah diungkep menggunakan bumbu khas Aceh.

Setelah itu, baru deh daging ini dibakar hingga dagingnya benar-benar empuk. Untuk misah rasa, sate ini juara banget lho dan bahkan Kamu bisa ketagihan saat mencicipinya.

Lebih enak lagi jika sate ini dimakan dengan kuah soto khas Aceh yang dilengkapi dengan bumbu khas yang istimewa.

Kuah Masam Keu-Eung

Makanan Khas Aceh Kuah Masam Keu eung

Gambar Nama Makanan Khas Aceh Kuah Masam Keu eung

Makanan khas Aceh selanjutnya adalah kuah Masam Keu-eung. Ini adalah sebuah makanan yang bisa Kamu temukan di mana saja, namun kadang namanya saja yang berbeda.

Adapun makanan ini sendiri dibuat dari olahan daging yang dimasak asam pedas dan sangat enak di lidah. Akan lebih nikmat lagi jika dimakan dengan nasi putih hangat. Karena itu kuah masam ini sangat cocok dijadikan menu makan siang atau makan malam.

Gulai Kambing

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Gulai Kambing

Gambar Makanan Khas Aceh Gulai Kambing

Kamu pasti sudah biasa dengan menu gulai kambing, namun gulai kambing khas Aceh ini agaknya berbeda dan jauh lebih mantap lho.

Apa yang membuat gulai ini berbeda? Jawabannya adalah karena gulai ini dimasak dengan rempah-rempah Aceh yang khas yang tentunya memiliki cita rasa yang khas juga.

Lebih uniknya lagi, gulai ini juga dimasak dengan menggunakan kuali besar lho. Sehingga dagingnya jauh lebih empuk serta tidak berbau. Makanan yang satu ini sangat enak jika disajikan dengan nasi hangat dan dalam keadaan yang panas. Jadi ngiler!

Kuah Sie Itek

Sebutkan Makanan Khas Aceh Kuah Sie Itek

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Kuah Sie Itek

Jika Kamu suka daging bebek, tentunya Kamu juga akan suka dengan makanan khas Aceh yang satu ini. Kuah Sie Itek merupakan sebuah makanan khas Aceh yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar itik atau bebek.

Tentunya cara memasak kuah sie itek satu ini berbeda dengan makanan khas Bali bebek betutu ya. Bumbu yang berbeda pula sehingga rasanya khas Aceh banget. Bahkan, bumbu masakan ini juga sudah ada turun temurun dari nenek moyang masyarakat Aceh lho.

Saking enaknya, saat ini juga sudah banyak restoran di Aceh yang juga menyediakan makanan yang satu ini.

Rujak Aceh

Sebutkan Nama Makanan Khas Aceh Rujak

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Rujak

Kamu suka makan rujak? Pernah cobaan rujak Aceh? Jika belum saat datang ke Aceh, maka Kamu wajib untuk mencoba makanan yang satu ini. rujak Aceh ini tentunya berbeda dengan rujak pada umumnya ya.

Pasalnya, rujak ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah rumbia Aceh yang kemudian disiram dengan saus rujak. Rasanya enak banget lho dan sangat enak dimakan dalam keadaan dingin.

Bahkan, Kamu juga bisa menambahkan es serut agar rasanya lebih pas. Makan rujak Aceh juga akan semakin nikmat jika Kamu menyantapnya di cuaca yang panas.

Ayam Tangkap

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Ayam Tangkap

Gambar Makanan Khas Aceh Ayam Tangkap

Makanan khas Aceh selanjutnya yang bisa Kamu coba adalah ayam tangkap. Apa itu ayam tangkap?

Ayam tangkap merupakan olahan makanan khas Aceh yang dibuat dengan menggunakan daging ayam yang dicincang kecil, kemudian ditumbuk dengan menggunakan daun temurun dan cabai hijau serta ditaburi dengan bawang goreng.

Setelah itu ayam tangkap dicampur dengan bumbu khas dan digoreng sampai matang.

Untuk masalah rasa, tentunya makanan yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Kamu bisa menjadikannya camilan atau bahkan untuk lauk makan siang dan malam.

Martabak Aceh

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Martabak

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Martabak

Tahukah Kamu jika martabak Aceh ternyata berbeda dengan martabak lain yang biasa Kamu temukan di daerah-daerah. Makanan yang satu ini ternyata dibuat dengan menggunakan bahan dasar roti canai untuk bagian luarnya.

Sedangkan di bagian dalamnya tidak hanya telur dan daging saja, namun juga ada toping lain seperti bawang merah, cabai hijau, dan juga kuah sambal.

Setelah itu, martabak ini digoreng dan sangat cocok dijadikan menu untuk bersantai bersama keluarga.

Ungkot Kemamah

Nama Makanan Khas Aceh Ungkot Kemamah

Gambar Nama Makanan Khas Aceh Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah adalah sebuah makanan yang jika Kamu nikmati akan menawarkan cita rasa yang menantang.

Bagaimana tidak, bahan dasar dari masakan ini adalah ikan tuna yang dikeringkan dan kemudian dicincang.

Nah, ungkot kemamah inilah yang nantinya akan dimasak dengan santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan juga bahan masakan lainnya.

Pada zaman Belanda dahulu, jenis makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan yang populer karena cara memasaknya yang berbeda.

Kue Adee atau Kue Bingkang

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Kue Adee

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Kue Adee

Berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah kue adee. Ada juga yang menyebutnya dengan nama kue bingkang. Kue tradisional ini merupakan makanan khas daerah Aceh yang hanya bisa Kamu temukan di Aceh saja.

Kue ini memiliki rasa yang enak dimana teksturnya sangat lembut, manis, legit dan sangat cocok disajikan untuk tamu atau pada saat berkumpul bersama dengan keluarga.

Salah satu lokasi yang banyak menjajakan kue ade ada di kawasan Kabupaten Pidie Jaya.  Jika Kamu mampir ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi kuliner tradisional yang satu ini ya.

Kopi Aceh Gayo

Oleh Oleh Makanan Khas Aceh Kopi Gayo

Gambar Oleh Oleh Makanan Khas Aceh Kopi Gayo

Untuk Kamu para pecinta kopi maka Kamu harus cobain yang namanya kopi Aceh. Hal ini karena daerah Aceh terkenal sebagai penghasil kopi terbesar yang ada di Indonesia. Selain itu, cita rasa dan aroma dari kopi ini juga khas banget lho.

Salah satu kopi Aceh yang begitu populer adalah kopi Aceh Gayo. Pada dasarnya, setia kopi itu memiliki rasa yang sama. Yang membuat kopi itu berbeda adalah cara mengolahnya.

Nah, kopi Aceh sendiri kaya akan antioksidan yang bisa digunakan untuk menambah stamina dan mengencangkan kulit lho.

Kue Timphan

Kue Tradisional Makanan Khas Aceh Kue Timphan

Gambar Kue Tradisional Khas Aceh Kue Timphan

Masih dengan makanan khas Aceh, untuk Kamu yang ingin mencoba kuliner Aceh dalam bentuk desert, maka Kamu bisa mencoba kue Timphan.

Kue tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan tepung ketan dicampur dengan buah pisang beranang dan srikaya.

Bagi masyarakat Aceh, kue yang satu ini menjadi hidangan yang wajib ada untuk tamu yang datang ke rumah baik di hari raya idul fitri ataupun hari raya Idul Adha.

Tidak heran jika lebaran, hampir semua orang membuat kue yang satu ini untuk disajikan kepada setiap tamu yang datang berkunjung untuk silaturahmi.

Sanger

Oleh oleh Miuman Khas Aceh Sanger

Gambar Miuman Khas Aceh Sanger

Selain Kopi Gayo Aceh, kota berjulukan Serambi Mekah ini juga memiliki minuman khas yang biasa disebut sanger. Minuman yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kopi hitam, gula dan susu kental manis.

Jika dilihat sepertinya minuman ini hampir sama dengan minuman kopi susu yang biasa Kamu temukan di kafe. Namun, tahukah Kamu jika ternyata hal ini berbeda, sebab tidak semua orang bisa membuat sanger lho.

Hal ini karena dalam membuat sanger kopi akan diseduh dan kemudian disaring menggunakan saringan kain yang berbentuk kerucut.

Kemudian baru deh ditambah dengan susu kental manis dan sedikit saja gula. Hal inilah yang membuat kopi sanger ini berbeda dengan kopi biasa.

Manisan Pala

Makanan Kue Tradisional Khas Aceh Manisan Pala

Gambar Kue Tradisional Oleh oleh Khas Aceh Manisan Pala

Selanjutnya yang bisa Kamu temukan dan bahkan bisa dijadikan oleh-oleh adalah manisan pala. Bahkan, di Aceh ada banyak masyarakat yang memproduksi manisan yang satu ini.

Hal ini karena ala menjadi komoditas terbesar terutama di wilayah Aceh Selatan. Jika Anda berlibur ke Aceh Selatan, maka Anda bisa menemukan banyak manisan pala yang pastinya bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Kembang Loyang

Makanan Oleh oleh Khas Aceh Kembang Loyang

Gambar Oleh oleh Kue Tradisional Khas Aceh Kembang Loyang

Ada juga lho makanan khas Aceh yang bernama kembang loyang. Ini adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Aceh Tamiang.

Jenis makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan tepung roti yang dicampur dengan gula. Biasanya makanan yang satu ini bisa dengan mudah Kamu temukan di acara-acara besar atau hajatan yang dibuat oleh masyarakat Aceh.

Pisang Sale

Oleh oleh Makanan Khas Aceh Pisang Sale

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Aceh Pisang Sale

Di Aceh, Kamu juga bisa menemukan pisang sale terutama di wilayah Aceh Timur. Daerah ini menjadi sentra pisang sale terbesar yang ada di Aceh. Nah, makanan tradisional yang satu ini memiliki aroma dan rasa yang khas.

Adapun ia sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang yang sudah matang yang kemudian diiris tipis dan dijemur hingga kering. Agar lebih tahan lama, maka pisang yang kering akan diasap.

Nah, pisang sale ini juga bisa langsung disantap setelah diasapi atau jika Kamu suka yang digoreng juga bisa menggorengnya terlebih dahulu. Oleh oleh Makanan khas Aceh yang satu ini termasuk yang populer lho.

Lepat

Makanan Kue Tradisional Khas Aceh Lepat

Gambar Kue Tradisional Khas Aceh Lepat

Kebanyakan masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini.

Ya, lepat adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras dimana di bagian tengahnya diisi dengan parutan kelapa yang sudah ditambah dengan gula.

Kemudian, lepat ini akan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Nah, di Aceh sendiri, lepat menjadi salah satu makanan tradisional yang banyak dihidangkan pada acara besar atau hari raya.

Kue Bhoi

Makanan Tradisional Kue Kering Khas Aceh Kue Bhoi

Gambar Kue Kering Khas Aceh Kue Bhoi

Masih dengan makanan khas Aceh, untuk Kamu yang suka dengan kue maka Kamu bisa mencoba kue Bhoi yang satu ini. Ini adalah sebuah kue yang memiliki bentuk unik seperti bentuk bunga, ikan atau binatang lainya.

Kue ini sendiri termasuk dalam jenis kue tradisional. Jika Anda ingin mencicipinya, kue ini dijual dengan harga Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per kemasannya. Namun, ada juga lho kue yang dijual dengan harga ratusan ribu.

Nah, kue ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan jika Kamu datang berkunjung ke Aceh. Untuk menemukan kue ini juga mudah lho dimana Kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional di daerah Aceh.

Jadah Lemang

Camilan Tradisional Oleh oleh Makanan Khas Aceh Jadah Lemang

Gambar Makanan Khas Aceh Jadah Lemang

Makanan khas Aceh selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Jadah lemang. Ini adalah salah satu makanan khas Aceh yang memiliki rasa yang gurih.

Adapun makanan ini sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan kelapa yang sudah digarami.

Karena rasanya yang gurih, jadah lemang ini sangat cocok jika disantap bersama dengan rendang. Jadah lemang juga menjadi menu wajib yang harus dibuat ketika hari raya Idul Adha telah tiba.

Bohromrom

Minuman dan Makanan Khas Aceh Bohromrom

Gambar Minuman dan Makanan Khas Aceh Bohromrom

Bohromrom menjadi salah satu makanan khas Aceh yang memiliki nama lain boh duek buedeh. Makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan yang dicari oleh banyak orang karena rasanya yang enak.

Tidak hanya itu saja, makanan yang satu ini juga sangat cocok untuk disantap bersama dengan keluarga saat bersantai.

Adapun kue ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung ketan, kelapa parut dan jika dilihat mirip dengan kelepon yang berasal dari Jawa. Adapun yang membuat berbeda adalah rasa dan cara membuatnya.

Melihat informasi berbagai makanan Aceh di atas, ternyata daerah ini memiliki banyak sekali makanan khas yang bisa cicipi. Selain itu, cita rasa rempah-rempah yang kuat dari makanan Aceh menjadikan makanan ini sangat banyak peminatnya.

Jadi, bagi Kamu yang berencana untuk datang ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang sudah direkomendasikan di atas ya. Dijamin deh Kamu tidak akan menyesal karena rasanya emang enak banget.

Leave a Reply